Blog

5 Cara Kerja HRD Bekerja Lebih Efektif dan Efisien

5 Cara Kerja HRD Bekerja Lebih Efektif dan Efisien

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Sebagai Profesional HRD Anda dituntut untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Sikap kerja efektif dan efisien yang di maksud adalah bagaimana cara untuk mencapai strategi usaha...

Sebagai Profesional HRD Anda dituntut untuk bekerja lebih efektif dan efisien. Sikap kerja efektif dan efisien yang di maksud adalah bagaimana cara untuk mencapai strategi usaha, target perusahaan, dan taktis bisnis dalam mengelola suatu pekerjaan. Efektif pun di artikan sebagai suatu pekerjaan yang diselesaikan sesuai dengan rencana atau waktu yang telah di tentukan, namun efektif tidak hanya mengacu pada kuantitas namun kualitas dari pekerjaan itu sendiri. Jika Anda merasa perlu bantuan untuk mendapatkan tips dan trik bekerja lebih efektif dan efisien ada di bawah ini:

1. Minimalkan gangguan pada pekerjaan Anda

Ada kalanya Anda pasti menyadari saat-saat di mana gangguan menginterupsi hari-hari kerja yang Anda miliki. Fokus yang seharusnya tertuju pada pekerjaan Anda, terganggu karena beberapa intermezzo di sekitar Anda. Jangan terlalu banyak memaparkan diri pada distraksi, karena tidak hanya berpengaruh pada tingkat produktifitas Anda dalam melakukan pekerjaan Anda, melainkan IQ akan menurun seiring dengan distraksi yang Anda terima.

2. Buatlah prioritas pekerjaan

Sudah pasti semua pekerjaan Anda sebagai HRD sangat penting dan harus segera diselesaikan karena menyangkut banyak pihak. Tapi, pasti Anda merasa kesulitan ketika harus melakukan pekerjaan tersebut sekaligus, selain rentan akan kesalahan semua pekerjaan tersebut tidak akan ada yang selesai, karena Anda tidak tahu mana yang menjadi prioritas atau dampak besar bagi pekerjaan Anda. Anda harus memulai berfikir untuk tidak melPerakukan pekerjaan yang tidak penting. Lakukan pekerjaan mudah lebih dulu, jangan buat Anda terpaku pada satu pekerjaan yang menyita waktu Anda secara berlebihan.

3. Telusuri jadwal spesifik yang Anda miliki

Realistis terhadap waktu yang Anda dapat lakukan. Tidak hanya membuat prioritas pekerjaan yang Anda miliki, tetapi perlu juga menghitung waktu yang Anda perlukan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Lalu jadwalkan waktu yang spesifik untuk masing-masing pekerjaan Anda. Pelajari dari mana biasanya datang distraksi atau gangguan yang Anda alami selama menyelesaikan suatu pekerjaan tertentu agar Anda dapat melakukan pekerjaan lebih optimal. Namun jangan lupa luangkan waktu Anda untuk beristirahat dari pekerjaan tersebut.

4. Buat perencanaan esok hari dan mulai melakukan pekerjaan lebih awal

Saat malam hari luangkan waktu Anda untuk membuat daftar pekerjaan yang akan dilakukan esok hari. Buat hal penting yang membuan Anda bekerja secara efektif dan efisien dalam sehari. Di hari esoknya maksimalkan waktu yang Anda miliki dengan memulai pekerjaan lebih awal. Anda bisa memulai dengan bangun lebih awal, dan datang ke kantor lebih pagi dan memulai pekerjaan sehingga pekerjaan yang Anda lakukan lebih santai dan terencana.

5. Gunakan teknologi untuk membantu produktifitas kerja Anda dalam bekerja

Zaman sekarang pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya teknologi. Bukan hal baru lagi apabila hal-hal yang biasa di lakukan oleh manusia sudah dapat di gantikan oleh teknologi, dapat lebih cepat, efektif, dan efisien. Contoh pekerjaan HRD yang biasa di lakukan oleh manusia adalah pengelolaan data absensi karyawan, akan cukup ribet apabila data absensi karyawan di lakukan secara manual, bukan tidak mungkin apabila karyawan suatu perusahaan hanya berjumlah 100 bukan masalah, namun bagaimana karyawan perusahaan yang Anda miliki lebih dari 1000 karyawan? Sudah pasti hal tersebut akan memakan banyak waktu, boros tenaga, dan yang paling penting adalah biaya serta tingkat akurasi data dipertanyakan.

Baca juga artikel Cara Mudah Mengelola Proses Gaji Karyawan

Anda pelaku HR perlu mensyukuri dengan tekonologi sekarang ini, karena di zaman modern ini semua pekerjaan HRD sudah dapat digitalisasi. Mulai dari level pekerja staff, management, hingga direktur perusahaan sudah dapat melakukan pekerjaan secara digital. Berawal dari permasalahan mengenai pengelolaan data absensi karyawan, Anda perlu memiliki system yang sudah dapat terintegrasi antara satu system dengan system lainnya.

Dengan system yang terintegrasi Anda dapat menghindari beberapa masalah yang di sebutkan sebelumnya di atas. Anda tidak perlu khawatir melakukan kesalahan saat input data secara manual ke dalam system lain, data yang Anda miliki menjadi 1 data yang dapat digunakan oleh banyak pihak di dalam perusahaan Anda, serta perhitungan terkait dengan payroll, lembur karyawan, tunjangan, BPJS, dan lain-lain sudah dapat di manage oleh satu system. Setelah itu pekerjaan Anda akan lebih efisien dan efektif.

Ingin tahu teknologi HR apa yang dapat membantu pekerjaan Anda lebih efektif dan efisien, klik link ini www.realta.co.id/hr atau hubungi kami di +62 21 3861 772.

Search